Personal Blogs - Blog Rankings blog search directory Internet blogs Internet Blogs
TopOfBlogs Ping your blog, website, or RSS feed for Free
» Please download Adobe Flash Player « before watching the streaming

Rabu, 19 Januari 2011

ARKELOG MENEMUKAN DINOSAURUS SEBESAR ANJING




Para peneliti  menemukan tengkorak baru  dinosaurus yang mempunyai ukuran tubuh sama dengan anjing. Umurnya, seperti dikutip dari USA Today, diperkirakan  berasal dari permulaan era dinosaurus 230 juta tahun yang lalu. Kerangka itu mengungkap beberapa tanda pertama dari predator menakutkan.


Eodromaeus (diucapkan ii-o-DRO-mus) murphi kecil atau "si pelari pagi" memiliki bobot hanya 10 (4,5 kg) hingga 15 (6.8 kg) pounds dan memiliki panjang empat kaki (1.2 Meter) dari ujung moncong hingga ekor.



Dinosaurus itu ditemukan di sebuah situs  yang ditemukan di pengunungan Andes, Argentina tahun 1996.



Ischigualasto,sebuah lembah gersang yang mereka gali merupakan sumber yang kaya akan fosil dari awal kehidupan dinosaurus.



Di sana pula mereka pertama kali menemukan eoraptor,(i-oh-RAP-tor)  di tahun 1991, yang oleh beberapa pihak diyakini sebagai leluhur dari semua dinosaurus.



Mahluk yang baru ditemukan itu, yang berlari menggunakan dua kaki dan memakan baik tumbuhan dan binatang itu, agak mengguncangkan pohon keluarga awal dinosaurus.



Ketika pertama kali ditemukan dalam tengkorak fosil, para peneliti dari Argentina dan AS mengira tulang-tulang itu merupakan eoraptor.



"Tetapi saya mulai mengukurnya di laboratorium saya dan saya menyadari ini bukan lagi eoraptor," ujar Paul Sereno dari universitas Chicago, salah seorang penulis temuan itu yang dimuat pada jurnal Science.



Tulang yang mereka temukan justru merupakan dinosaurus kecil yang berbeda yaitu karnivora dengan "gigi tajam seperti pisau steak unutk merobek daging," yang juga bisa berlari sekitar 32 kilometer meter per jam.



Mereka mempunyai jari yang mencengkaram dan panjang, "Cakar yang terlihat seram" itu bisa untuk membabat dan menggaruk.



"Mereka seperti rakun reptil," kata Thomas Holtz, paleontolog di University Of Maryland in College park.



Eodromaeus pada 230 juta tahun yang lalu,berasal dari zaman dinosaurus paling awal, periode  yang para ilmuwan cuma sedikit tahu. Tetapi, meski ada di awal zaman itu, eodromaeus punya ciri-ciri khusus yang terkait dengan dinosaurus.



"Ini merupakan  blueprint awal dinosaurus," kata Sereno. Beberapa fitur pada eodromaeus - seperti tangan yang mencengkram - ada 150 juta tahun kemudian pada tyrannosaurus rex, tepat sebelum asteroid menghantam bumi," ujarnya. Hantaman asteroid itu berarti kepunahan massal pada 65 juta tahun lalu.



Bagi para pakar dinosaurus, "jaw dropper" sesungguhnya merupakan perbandingan antara eodromaeus dan kerabat kecilnya, eoraptor,  spesies yang dinamai oleh Sereno dan koleganya ditahun 1993.



Waktu itu, eoraptor ditandai sebagai predator kecil yaitu  theropoda seperti eodromaeus. Kelompok ini termasuk velociraptor, tyrannosaurus dan giganotosaurus. satu segmen tampaknya  masuk dalam jenis burung.



Setelah rinciannya jelas serta ada CT scan dari kepala dan tengkoraknya, fitur baru itu mengungkapkan bahwa hubungan eoraptor justru terkait dengan herbivora berleher raksasa yang disebut sauropodomorphs, yang familiar di banyak orang, termasuk "brontosaurus".



Temuan baru itu membuat jelas bahwa eodromaeus menjelajah planet ini lebih awal dari eoraptor.



Penemuan itu sungguh "menyingkirkan eoraptor (dinosaurus) yang telah lama berada di posisi itu," ujar Holtz. (Aef/At/Fr)






Posted by : kurtdickblog.blogspot.com

0 komentar:

Posting Komentar

Demis Roussos - Goodbye My Love Goodbye .mp3
Found at bee mp3 search engine

 
Powered by Blogger