Personal Blogs - Blog Rankings blog search directory Internet blogs Internet Blogs
TopOfBlogs Ping your blog, website, or RSS feed for Free
» Please download Adobe Flash Player « before watching the streaming

Jumat, 11 Maret 2011

GEMPA TERDAHSYAT DALAM KURUN WAKTU 20 TAHUN TERAKHIR DI JEPANG MENEWAS 32 ORANG



TOKYO - Gempa bumi besar yang melanda wilayah timur laut Jepang pada Jumat telah merenggut korban tewas sebanyak 32 jiwa, demikian dilaporkan televisi setempat.

Jumlah korban tewas akibat gempa bumi besar yang melanda timur laut Jepang itu telah mencapai 32 orang, lapor saluran televisi lokal.

Gempa bumi 8,9 skala Richter yang berpusat sekitar 373 kilometer dari ibu kota Jepang, Tokyo, menimbulkan tsunami yang menyapu wilayah Miyagi dan Iwate dengan menghanyutkan tempat tinggal dan kendaraan. 

United States Geological Survey memperkirakan bahwa gempa Jepang terjadi pada pukul 13.46 waktu setempat. Pusat gempa diperkirakan ada di 130 km sebelah timur Sendai, Honshu, atau 373 km tenggara Tokyo pada kedalaman 24 km.
 
Sebelumnya, gempa dilaporkan berkekuatan 7,9 magnitude. Namun, laporan tersebut kemudian direvisi menjadi 8,9 magnitude. Dilaporkan bahwa gempa ini merupakan salah satu yang terbesar dalam 20 tahun terakhir.


Gempa bumi mengguncang gedung-gedung di Tokyo, menyebabkan korban jiwa, kebakaran, dan memicu timbulnya tsunami setinggi 4 meter, berdasarkan laporan NHK dan beberapa saksi. Peringatan tsunami setinggi 10 meter pun dikeluarkan.

Peringatan tsunami kini diperluas hingga ke wilayah pasifik Rusia, Filipina, dan Indonesia. Sejauh ini dilaporkan 20 orang terluka dan 32 orang meninggal dunia di Tokyo, setelah sebuah atap aula roboh di sebuah sekolah saat pesta kelulusan berlangsung. 
 
 
Begitu gempa berkekuatan 8,9 menggoyang wilayah utara Jepang, layanan seluler di negara tersebut mengalami gangguan. Tiga operator telekomunikasi terbesar di Jepang, yakni NTT DoCoMo, KDDI, dan Softbank, menyatakan bahwa gangguan layanan terjadi di hampir seluruh wilayah Jepang.
 
"Koneksi nirkabel buruk di seluruh bagian negara," kata Atsuko Suzuki, juru bicara NTT DoCoMo, seperti dilansir situs Bloomberg, Jumat (11/3/2011). Juru bicara Softbank, Makiko Ariyama, juga menyatakan bahwa layanannya terganggu di wilayah Tohoku, Kanto, dan Tokai.

Meski layanan seluler terganggu, sambungan internet masih berjalan normal. Menurut penuturan Adiguna Muhammad, warga negara Indonesia yang tengah bekerja di Yokohama, bagian selatan Jepang, koneksi internet masih bisa digunakan.

Lewat akun Twitter-nya @adigunam, ia melaporkan, gempa juga membuat kereta api dihentikan operasinya sementara waktu. Para pekerja kantor pun terpaksa harus pulang jalan kaki.

Gempa berkekuatan 8,9 atau terbesar di Jepang dalam catatan sejarah mengguncang negara tersebut. Gempa berpusat di Honshu, sekitar 376 km timur laut Tokyo. Gempa tersebut diikuti tsunami yang diperkirakan berpotensi mencapai 10 km.

Perdana Menteri Jepang Naoto Kan langsung membentuk gugus tugas darurat. Ia mengatakan, hal tersebut untuk meminimalkan dampak bencana sekecil mungkin dan secepatnya.
 
 
Seperti dilansir situs web NHK, Perdana Menteri Jepang menggelar rapat mendadak pada Jumat petang. PM Jepang Naoto Kan telah memerintahkan semua menteri di kabinetnya melakukan langkah terbaik untuk memastikan keamanan warga di wilayah-wilayah yang diguncang gempa dan tsunami.

Hal yang menjadi perhatian utama pemerintah adalah upaya menjamin kelancaran pasokan air dan listrik. Di samping itu, Pemerintah Jepang juga berupaya dapat memberikan informasi yang akurat kepada masyarakat.

Pemerintah juga meminta pengerahan tim kepolisian, pasukan bela diri SDF Jepang, serta penjaga pantai Jepang ke daerah-daerah bencana bila diperlukan. Mereka diminta bekerja sama dengan pemerintah-pemerintah daerah yang terdampak bencana.
 
Perdana Menteri Jepang Naoto Kan juga memastikan tidak ada kebocoran nuklir dari sejumlah reaktor nuklir pascagempa dan tsunami. Namun, semua reaktor yang dekat pusat gempa untuk sementara dimatikan demi keamanan.
 
”Saya meminta semua warga untuk tenang, namun tetap memantau terus informasi lewat radio dan televisi,” ujar Naoto Kan.

Meski tidak ada kebocoran, pemerintah mengumumkan keadaan darurat pada salah satu reaktor nuklir di Fukushima. Reaktor nomor satu tersebut mengalami masalah teknis sehingga sistem pendinginnya tidak berfungsi setelah terjadi gempa. Ini merupakan keputusan kondisi darurat nuklir untuk pertama kalinya yang dilakukan Jepang.


”Kami telah melakukan langkah-langkah untuk mengantisipasi kemungkinan terburuk. Kami mengerahkan segala upaya untuk menghadapi situasi seperti ini,” kata Sekretaris Kabinet Jepang Yukio Edano.

Fukushima merupakan wilayah yang berbatasan langsung dengan daerah terdampak bencana paling parah di Miyagi. Di Miyagi, kebakaran terjadi di turbin sebuah reaktor nuklir Onagawa. Sebuah reaktor nuklir lain di Onagawa juga mengalami kebocoran di fasilitas penampung air. 




Posted by : kurtdickblog.blogspot.com

0 komentar:

Posting Komentar

Demis Roussos - Goodbye My Love Goodbye .mp3
Found at bee mp3 search engine

 
Powered by Blogger