Personal Blogs - Blog Rankings blog search directory Internet blogs Internet Blogs
TopOfBlogs Ping your blog, website, or RSS feed for Free
» Please download Adobe Flash Player « before watching the streaming

Kamis, 31 Maret 2011

MENTERI LUAR NEGERI LIBYA MEMBELOT DAN MINTA PERLINDUNGAN KE INGGRIS




LONDON -   Menteri Luar Negeri Libya Moussa Koussa tiba di Inggris, Rabu (30/3/2011), untuk meminta perlindungan setelah meninggalkan pemerintah sebagai protes terhadap serangan pasukan Moammar Khadafi kepada warga sipil.

"Ia telah membelot dari rezim itu," kata Noman Benotman, teman Moussa Koussa, dan pengamat senior di kelompok pemikir Quilliam di Inggris. "Ia tidak senang sama sekali. Ia tidak mendukung serangan pemerintah kepada warga sipil." 

"Ia akan minta perlindungan di Inggris dan mengharapkan ia akan diperlakukan dengan baik," katanya. Koussa adalah pejabat penting Khadafi dan arsitek peralihan dramatis kebijakan luar negeri Libya yang telah membawa negara itu ke masyarakat internasional setelah bertahun-tahun dijatuhi sanksi.

Ia menuju London setelah dua hari tinggal di Tunisia, tanpa memberikan keterangan mengenai kemungkinan motivasi dari kunjungannya. Koussa meninggalkan tempat peristirahatan Djerba "menuju London dengan sebuah penerbangan Swissair pada pukul 14.00 waktu setempat (pukul 12.00 GMT)," kata kantor berita Tunisia, TAP

Konferensi internasional di London, Selasa, membicarakan rencana pengasingan bagi Khadafi dan mulai memetakan masa depan pasca-kepemimpinan Khadafi bagi negara Afrika Utara yang dicabik perang itu.

Khadafi sejauh ini menolak mundur dan pasukannya terus memerangi pasukan pemberontak yang menerima dukungan serangan udara koalisi yang didominasi oleh pesawat-pesawat dari Amerika Serikat, Perancis, dan Inggris.

Keberadaan Koussa selama dua hari di negara tetangga Tunisia dilukiskan sebagai "kunjungan pribadi". Pemerintah Libya mengatakan, ia sedang melakukan perjalanan untuk misi diplomatik.

Ia masuk Tunisia lewat darat melalui perlintasan perbatasan Ras Jdir, Senin, dengan wakil menteri Libya untuk urusan Eropa, Abdelati Laabidivia.

Beberapa anggota rezim Khadafi termasuk beberapa menteri dan pejabat senior militer, telah membelot sejak pemberontakan terhadap pemerintahan pemimpin tersebut yang telah berlangsung selama 42 tahun lebih.

Seorang juru bicara pemerintah di ibu kota Tripoli membantah spekulasi di beberapa media bahwa Koussa mungkin telah membelot. "Ia sedang dalam misi diplomatik," ucap juru bicara, Mussa Ibrahim. Ia menolak memberikan keterangan lebih perinci.

Kantor Kementerian Luar Negeri Inggris menyatakan, mereka tidak tahu apa pun mengenai perjalanan yang dilaporkan itu, dan tidak ada pertemuan yang dijadwalkan.

Namun, Menlu Perancis Alain Juppe telah melaporkan "pembelotan pertama" dari pengiring Khadafi itu. "Pada tingkat politik, dan ini dapat menggembar-gemborkan perkembangan positif, pembelotan pertama di sekitar Khadafi di Tripoli telah dilaporkan," kata Juppe tanpa memberikan perincian.

Laporan pembelotan itu juga sudah didengar oleh para pejabat pada konferensi di London, termasuk Menlu AS Hillary Clinton.

Pemberontak Dewan Transisi Nasional, Senin, berjanji bahwa para pengikut Khadafi yang beralih pihak akan dimaafkan. Namun, mereka berjanji akan mengadili Khadafi setelah menang. 
 
 
 
Posted by : kurtdickblog.blogspot.com

0 komentar:

Posting Komentar

Demis Roussos - Goodbye My Love Goodbye .mp3
Found at bee mp3 search engine

 
Powered by Blogger