Personal Blogs - Blog Rankings blog search directory Internet blogs Internet Blogs
TopOfBlogs Ping your blog, website, or RSS feed for Free
» Please download Adobe Flash Player « before watching the streaming

Selasa, 22 Maret 2011

PARA ULAMA DESAK MILITER YAMAN UNTUK ABAIKAN PERINTAH PRESIDEN




SANA'A  –   Para ulama mendesak tentara Yaman untuk mengabaikan perintah dan seorang menteri ketiga mengundurkan diri setelah penembakan terhadap lebih dari 50 pemrotes yang menyerukan diakhirinya kekuasaan Presiden Ali Abdullah Saleh.
Ulama terkemuka mengatakan bahwa Saleh bertanggung jawab atas pembantaian yang dilakukan setelah sholat Jumat di Sanaa itu, hari pertumpahan darah terburuk dalam gejolak kekerasan selama satu bulan di Yaman. "Kami menyerukan agar militer dan pasukan keamanan tidak menjalankan perintah dari siapapun untuk membunuh dan menindak keras demonstran," ujar sekelompok ulama berpengaruh di negara yang sangat relijius itu dalam sebuah pernyataan bersama.
Mereka juga menyerukan agar pasukan elit Saleh Garda Republik ditarik dari ibukota, di mana pemrotes anti-rezim terus melakukan aksi duduk di dekat Universitas Sanaa terlepas dari situasi darurat yang dinyatakan selepas kekerasan pada hari Jumat.
Saleh telah menyatakan hari Minggu kemarin sebagai Hari Berkabung Nasional untuk para syuhada demokrasi, sembari menyalahkan oposisi untuk hasutan dan kekacauan yang berujung pada pembunuhan itu.
Aktivis muda yang mengadakan aksi duduk itu menyebut deklarasi Saleh tersebut tidak tulus. "Setelah melumuri tangannya dengan darah, dia menangis air mata buaya untuk para martir," ujar mereka dalam sebuah pernyataan.
Oposisi mengatakan bahwa presiden harus mengundurkan diri tahun ini tapi dia menolak untuk pergi sampai masa jabatannya berakhir di tahun 2013.
Dia juga menawarkan untuk menyerahkan kekuasaan ke parlemen di bawah konstitusi baru, sebuah janji yang ditolak karena dianggap terlambat oleh oposisi, mengatakan bahwa presiden tidak bisa dipercaya akan memegang janjinya.
Menteri HAM Huda al Baan mengumumkan pada hari Sabtu (19/3) bahwa dia mengundurkan diri sebagai bentuk protes terhadap pembantaian di hari Jumat, di mana wakil menteri di kementeriannya, Ali Taysir, juga mengundurkan diri. Baan menjadi menteri ketiga yang berhenti dalam beberapa hari terakhir.
Kepala kantor berita pemerintah Saba juga mengundurkan diri, mengatakan bahwa dia akan bergabung dengan pemrotes, begitu juga dengan duta besar Yaman untuk Libanon. Selain itu, duta besar Yaman untuk PBB mengundurkan diri untuk memprotes kekerasan terhadap pemrotes.
Menteri pariwisata Nabil Al Faqih pada hari Jumat mengundurkan diri atas penggunaan kekerasan yang tidak bisa dibenarkan terhadap pemrotes, sementara menteri wakaf relijius Yaman, Hamoud al Hattar, telah berhenti awal minggu lalu.
AS berulang kali menyerukan agar pemerintah Yaman menahan diri dan menghormati hak asasi manusia di negara yang juga bergulat membendung gerakan seksesionisme di selatan dan pemberontakan Syiah di utara itu.

Posted by : kurtdickblog.blogspot.com

0 komentar:

Posting Komentar

Demis Roussos - Goodbye My Love Goodbye .mp3
Found at bee mp3 search engine

 
Powered by Blogger