Personal Blogs - Blog Rankings blog search directory Internet blogs Internet Blogs
TopOfBlogs Ping your blog, website, or RSS feed for Free
» Please download Adobe Flash Player « before watching the streaming

Sabtu, 20 Agustus 2011

KHADAFI TUMBANG DAN HIJRAH KE VENEZUELA BESERTA KELUARGA, PEMBERONTAK RAYAKAN KEMENANGAN



TRIPOLI   -  Kekuasaan rezim Moamar Khadafi akhirnya tamat. Pemimpin Libya yang sudah berkuasa selama 42 tahun itu, mental dari juga dari kursinya.

Khadafi yang dikabarkan tengah sakit itu, dikabarkan siap me­nye­rahkan kekuasaan kepada kepada Menteri Kehaki­man Mo­ham­med al-Qamoodi.

Berita mundurnya Khadafi ini disampaikan seorang pejabat Angkatan Bersenjata Libya yang tidak mau namanya disebutkan. Seperti dilansir The Voice of Rus­sia, sumber itu menyatakan, Kha­dafi (69) telah setuju menetap di Venezuela bersama keluarga­nya.

Berdasarkan kondisi ini, pe­rang sipil yang telah ber­lang­sung enam bulan itu akan segera ber­akhir dan pasukan NATO (Pakta Pertahanan Atlantik Uta­ra) ber­henti beroperasi di Libya.

Menurut sejumlah media Arab, Khadafi telah mulai mengepak ba­rang-barang pribadinya, me­nyu­sul diketahuinya ada dua pesawat mendarat di bandara Tripoli, Rabu (17/8).

Satu pesawat membawa dele­gasi pemerintah dan yang lainnya kosong, dite­nga­rai untuk mem­bawa Singa Afrika itu serta sanak keluar­ga­nya ke luar Libya. Be­berapa sumber mengklaim, Kha­dafi sedang sakit dan mem­butuhkan perawatan medis da­rurat di luar Libya.

Perkembangan terakhir ini di­laporkan sebagai hasil dari per­temuan rahasia antara utusan Kha­dafi dan Libyan National Transition (LNC) , badan politik tertinggi oposisi Libya di selatan Tunisia, Senin (15/8).

Pada saat yang sama, kepala ajudan Mua­mar Khadafi, Bashir Saleh di­utus untuk bertemu de­ngan diplomat Inggris dan Pran­cis, dalam rang­ka untuk mencari cara bagaimana membawa Kha­dafi beserta k­e­luarganya keluar dari Libya. Menurut utusan NTC di Mesir, Abdel Monem al-Hou­ni, Khadafi akang mengungsi ke negera Arab. Dia telah menyurati pemerintah Mesir, Maroko, Tu­nisia, dan Algeria untuk me­nerima keluarganya.

“Khadafi mencari tempat yang aman bagi keluarganya untuk jaga-jaga jika Tripoli diambil alih pemberontak,” kata Houni.

Ada juga sumber yang me­nyebutkan, Khadafi bakal ke Libya setelah ditumbangkan dari  42 tahun kekuasaannya.

Kepindahan Kha­­dafi bersama keluarga ke Venezuela diduga hasil perte­muan antara juru bicara Kha­dafi dengan utusan Pre­siden Ve­ne­zuela Hugo Cha­vez di ibu­kota Venezuela, Ca­ra­cas, pekan lalu.

Pakar di Institut Studi Oriental dan bekas Duta Besar Rusia ke Libya dan Tunisia Alexei Podt­serob memperingatkan, keper­gian Khadafi dapat berubah men­jadi masalah yang baru ke­tika masalah Libya berangsur-angsur mereda.

“Pengunduran diri Khadafi se­kaligus penyerahan dan penga­wasan kepada penduduk asli Cyrenaica atas Tripolitania, yang berujung bencana bagi pem­be­rontak. Akan terjadi peram­pokan, kekerasan massal ter­hadap pen­duduk lokal dan pem­bunuhan para imigran,” beber Podtserob.

Dia mendesak LNC tidak mem­­balas dendam kepada pe­ngikut Khadafi jika berhasil merebut kota Tripoli.

Rayakan Kemenangan

Kelompok pemberontak Libya merayakan kemenangan setelah berhasil menduduki Sabaratha, kota di ibukota Tripoli. Mereka meluncurkan tembakan dan me­nembakkan peluru ke udara.

Pemberontak berhasil merebut Sa­baratha setelah berperang me­lawan pasukan dan penembak jitu pen­dukung Khadafi selama tiga hari. Pemberontak meng­klaim te­lah mengamankan kota Sabarat­ha, ter­masuk situs ber­sejarah pe­ning­galan Romawi kuno.


Posted by : kurtdickblog.blogspot.com

0 komentar:

Posting Komentar

Demis Roussos - Goodbye My Love Goodbye .mp3
Found at bee mp3 search engine

 
Powered by Blogger