Personal Blogs - Blog Rankings blog search directory Internet blogs Internet Blogs
TopOfBlogs Ping your blog, website, or RSS feed for Free
» Please download Adobe Flash Player « before watching the streaming

Rabu, 17 Agustus 2011

SRILANGKA BELI 14 HELIKOPTER Mi-171 BUATAN RUSIA



KOLOMBO   - Sri Lanka dikabarkan telah membeli 14 helikopter militer Mi-171 buatan Rusia. Armada helikopter baru itu kemungkinan akan digunakan untuk keperluan penerbangan sipil.

Informasi pembelian heli militer, yang dilakukan dua tahun setelah pemerintah Sri Lanka memenangkan perang terhadap kelompok separatis Macan Tamil Eelam, disampaikan Anatoly Isaykin, Direktur Umum Rosoboronexport, perusahaan eksportir senjata yang dimiliki pemerintah Rusia, Rabu (17/8/2011).

Dia mengatakan helikopter-helikopter tersebut telah dikirim ke Sri Lanka, tanpa menyebutkan waktu yang pasti. "(Helikopter) ini adalah kendaraan angkutan yang bagus dan memenuhi fungsinya," tutur Isaykin.

Mi-171 adalah pengembangan lanjutan dari helikopter Mi-8, salah satu heli angkut paling populer di dunia. Menurut pembuatnya, Ulan-Ude Aviation Plant, helikopter ini mampu mengangkut 37 orang dalam konfigurasi tempat duduk prajurit, atau 28 orang dalam konfigurasi tempat duduk penumpang sipil, dan berdaya jelajah 1.065 kilometer dengan menggunakan tanki bahan bakar cadangan. Kecepatan maksimum heli ini adalah 250 kilometer per jam.

Juru bicara Kementerian Pertahanan Sri Lanka dan Angkatan Udara Sri Lanka mengaku tidak tahu-menahu tentang pembelian heli Mi-171 itu. Namun, Juru bicara AU Kapten Andrew Wijesuriya mengaku pihak militer sedang mengembangkan sayap untuk masuk ke sektor pariwisata sipil.

"Kami mencoba berkontribusi kepada industri transportasi udara sipil dengan mengembangkan operasi (perusahaan penerbangan) Helitours milik kami," ungkap Wijesuriya. Helitours adalah perusahaan penerbangan yang dioperasikan AU Sri Lanka dan memanfaatkan armada pesawat militer yang sedang tidak dipakai untuk operasi militer.

Sri Lanka memiliki produk domestik bruto 50 miliar dollar AS, dan memperkirakan akan ada peningkatan anggaran pertahanan sebesar 6,3 persen pada tahun 2011 ini, menjadi 215,2 miliar rupee (1,9 miliar dollar AS, atau Rp16,2 triliun).


Posted by : kurtdickblog.blogspot.com

0 komentar:

Posting Komentar

Demis Roussos - Goodbye My Love Goodbye .mp3
Found at bee mp3 search engine

 
Powered by Blogger