Personal Blogs - Blog Rankings blog search directory Internet blogs Internet Blogs
TopOfBlogs Ping your blog, website, or RSS feed for Free
» Please download Adobe Flash Player « before watching the streaming

Sabtu, 23 April 2011

SULTAN BRUNEI DARUSSALAM HIBAHKAN KAPAL ANGKATAN LAUT UNTUK INDONESIA



JAKARTA  -  Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengucapkan terima kasih kepada Sultan Brunei Darussalam Haji Sir Hassanal Bolkiah Mu'izzaddin Waddaulah, atas hibah dua buah kapal kelas waspada yang diberikan untuk pemerintah Indonesia. "Bapak Presiden menyampaikan ucapan terima kasih atas hibah yang diberikan, dua kapal angkatan laut kelas waspada," ucap Staf Khusus Presiden Bidang Luar Negeri Teuku Faizasyah di Istana Merdeka, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat.

Dua kapal kelas waspada itu akan diprioritaskan untuk memastikan keamanan di sejumlah kawasan.

"Hibah itu juga dalam konteks hubungan persahabatan di antara dua negara. Kapal itu sudah merapat ke perairan Jawa, ke wilayah Jakarta. Untuk TNI AL, ke dalamnya bagaimana kita mengelolanya, tapi pastinya kedua kapalnya dalam konteks hibah," paparnya.

Dia menambahkan bahwa serah terima kapal sudah dilaksanakan oleh Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro.

Brunei Darussalam adalah sebuah negara kecil yang terletak di Asia Tenggara. Letaknya di bagian utara Pulau Kalimantan dan berbatasan dengan Malaysia. Brunei terdiri dari dua bagian yang dipisahkan di daratan oleh Malaysia. Negara ini terkenal dengan kemakmurannya dan ketegasan dalam melaksanakan syariat Islam, baik dalam bidang pemerintahan maupun kehidupan bermasyarakat.

Negara yang Ibukotanya terletak di Bandar Seri Begawan itu memiliki Luas wilayah 5.765 kilometer persegi. Produk Domestik Bruto (KKB) pada 2007 tercatat USD19,640 miliar.

Bandingkan dengan luas total Indonesia sebesar 1.904.569 kilometer persegi dan jumlah penduduk 237.556.363 jiwa. PDB (KKB) Indonesia diperkirakan USD909 miliar, sedangkan PDB (nominal) USD511 miliar.

Turut mendampingi SBY Menko Perekonomian Hatta Rajasa, Menkopolhukam Djoko Suyanto, Menkokesra Agung Laksono, Menlu Marty Natalegawa, Menhan Purnomo Yusgiantoro, Mensesneg Sudi Silalahi dan Seskab Dipo Alam.

SBY datang menyambut Sultan dengan pakaian batik berwarna hijau. Keduanya pemimpin negara tetangga tersebut tampak akrab dan obrolan pun terasa hangat.

Sebelumnya, Sultan Brunei Darussalam juga mendapat gelar doctor honoris causa (doktor kehormatan/HC). Dia dianugerahi gelar kehormatan dalam bidang filsafat kemanusiaan dan dialog peradaban.

Pemberian gelar ini dilakukan karena keberhasilan Bolkiah dalam meningkatkan kesejahteraan manusia melalui pembangunan ekonomi, pendidikan dan peradaban. Selain itu, kreativitas Bolkiah dalam memajukan dialog peradaban dengan promosi kedalaman spiritualitas Islam sebagai nilai universal yang bisa dijadikan jembatan dalam dialog peradaban.

Sebelumnya, Sultan Hassanal Bolkiah Brunei Darussalam berkunjung ke Istana Merdeka, Kamis (22/4/2011). Berbatik hitam, mantan pria terkaya di dunia itu datang mengendarai mobil limousin berwarna hitam sekitar pukul 14.00 WIB. Begitu turun dari mobil, Sultan langsung menyalami Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang berkemeja tenun ikat kehijauan. Ia juga menyalami menteri Kabinet Indonesia Bersatu jilid dua yang turut menyambutnya.

Dua kapal hibah yang tiap unitnya bernilai sekitar Rp 50 miliar tersebut bakal diberangkatkan dari Brunei tanggal 28 April. Kapal sepanjang 44 meter tersebut dibuat tahun 1977-1978 oleh pabrikan Inggris, dan dihibahkan beserta suku cadangnya yang diperkirakan cukup untuk waktu sepuluh tahun. Biaya perjalanan, pelatihan awak, dan administrasi surat-surat semuanya diongkosi Brunei.

Dalam pertemuan tak sampai sejam itu, Yudhoyono berterima kasih juga untuk keberhasilan penanganan sekitar 170 ribu orang buruh migran Indonesia di negeri jiran tersebut. Sebagai Ketua ASEAN, ia juga meminta dukungan Sultan Brunei terhadap program ketahanan pangan dan energi ASEAN. Kepada sejawatnya, Yudhoyono menyampaikan Indonesia sedang merampungkan rencana induk percepatan pembangunan ekonomi Indonesia, dan berharap Brunei ikut berinvestasi.

"Sultan Brunei memberi dukungan pada ASEAN, dan menyambut positif tawaran investasi," kata Teuku Faizasyah.

0 komentar:

Posting Komentar

Demis Roussos - Goodbye My Love Goodbye .mp3
Found at bee mp3 search engine

 
Powered by Blogger