Personal Blogs - Blog Rankings blog search directory Internet blogs Internet Blogs
TopOfBlogs Ping your blog, website, or RSS feed for Free
» Please download Adobe Flash Player « before watching the streaming

Kamis, 16 Desember 2010

DIET RENDAH KALORI



 
Diet kurang dari 900 kalori per hari merupakan diet yang sangat rendah , yang disebut sebagai diet semi-starvasi. Diet ini berbahaya jika dilakukan tanpa pengawasan dokter dan mengkonsumsi suplemen gizi.

Penurunan berat badan yang bisa dicapai dengan diet bergantung pada defisit kalori dalam diet terhadap kalori yang dibutuhkan tubuh. Disamping itu, ditentukan pula oleh seberapa besar timbunan lemak dalam tubuh.

Jika selisihnya kecil, misalnya 200 kalori per hari, penurunannya diperkirakan Cuma 30 g per hari. Bila cukup tinggi misalnya 1000 kalori, maka berat badan yang akan hilang kira-kira 150 g per hari atau 4,5 kg per bulan. Hitungan ini mengacu bahwa 1 g lemak tubuh perlu pembakaran 7 kalori, lantaran lemak juga mengandung air. Dan 1 g lemak dari makanan menyumbang 9 kalori.

Kalau berat badan ideal sudah tercapai, tidak menjamin tubuh seseorang tidak akan gemuk kembali. Apalagi jika pelaku diet tidak mengurangi jumlah sel lemak, tapi hanya mengurangi kandungan lemak dalam kantung-kantung sel lemak.

Efek samping yang timbul dalam berdiet adalah rasa lapar, lemas dan anemia. Rasa lapar dapat ditanggulangi dengan obat-obat anorektik, akupungtur atau mengkonsumsi serat makanan (dietary fiber) seperti wheat bran, apple pectin dan lain-lain. 

Anemia dan rasa lemas merupakan sebab-akibat yang saling mengait. Rasa lemas bisa disebakan oleh menurunnya kadar gula darah yang disertai keluarnya keringat dingin, mual, pusing, bahkan bisa sampai pingsan. Anemia akibat berdiet bisa dicegah dengan suplemen gizi, terutama yang mengandungprotein esensial, zat besi, asam folat, dan vitamin B12. Beberapa suplemen gizi lain yang bisa membantu suksesnya diet adalah asam amino esensial, asam lemak esensial, dan serat makanan.

Mempraktekkan diet rendah kalori ini harus jeli menghitung jumlah kalori yang boleh dikonsumsi tubuh. Menu yang disediakan harus diotak-atik sedemikian rupa sehingga jumlah kalori yang disantap sesuai dengan yang diperbolehkan.

Berikut ini adalah contoh menu untuk diet rendah kalori :
Tabel. Menu seimbang 1113 kalori

Waktu
Menu
Jumlah
Pagi





Nasi
Tempe bacem
Tumis kacang panjang
Pepes ikan mas
Semangka

100 g
50 g
1 mangkuk
75 g
100 g

Siang




Pukul 16.00

Kentang rebus
Selada
Tomat
Daging sapi
Jeruk manis
Teh manis
Kue talam
150 g
25 g
2 iris
40 g
1 buah
1 gelas
50 g

Malam


Nasi
Ikan kembung goreng
Tahu goreng
Bening bayam
Melon

100 g
75 g
40 g
½ mangkuk
100 g (1 potong)

0 komentar:

Posting Komentar

Demis Roussos - Goodbye My Love Goodbye .mp3
Found at bee mp3 search engine

 
Powered by Blogger