Personal Blogs - Blog Rankings blog search directory Internet blogs Internet Blogs
TopOfBlogs Ping your blog, website, or RSS feed for Free
» Please download Adobe Flash Player « before watching the streaming

Sabtu, 26 Februari 2011

PENGAMAT POLITIK INDONESIA, BURHANUDIN : " TIGA KEMUNGKINAN KEPUTUSAN PRESIDEN "





JAKARTA - Usulan hak angket perpajakan terganjal. Nasib partai koalisi yang menjadi motor usulan mengundang rasa penasaran publik. Bagaimana nasib Golkar dan PKS di mata Demokrat yang merupakan lokomotif koalisi? Tetap dipertahankan atau justru didepak? Pengamat politik, Burhanuddin, merumuskan tiga kemungkinan yang akan diambil oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sebagai pengambil keputusan tertinggi di Partai Demokrat.

Kemungkinan pertama, Golkar dan PKS didepak dari koalisi dan Demokrat akan mencari mitra koalisi yang baru. "Golkar dan PKS sebagai anak nakal koalisi diceraikan dari koalisi, tetapi SBY harus bisa memastikan mitra baru. SBY bukan tidak tegas semata-mata, tetapi dia kalkulasikan kekuatan," ungkapnya dalam diskusi di Gedung MPR/DPR/DPD, Kamis (24/2/2011).

Jika keduanya dibuang, suara koalisi di parlemen hanya sebesar 46 persen. Jika kemudian menggandeng Gerindra sebagai mitra koalisi yang baru, kekuatan koalisi hanya bertambah sebesar 51 persen. Namun, Burhanuddin menilai pilihan ini terlalu riskan bagi pemerintah. Jika Demokrat memang ingin mendepak Golkar dan PKS dari koalisi untuk seterusnya, Burhanuddin mengatakan Demokrat harus berhasil meminang PDI-P.

"Tapi untuk bisa menaklukan PDI-P, praktis menghadapi tembok besar yang selama ini juga sulit ditembus oleh Demokrat. Lamaran Demokrat, kan, selalu ditolak oleh Bu Mega. Kalau bisa, upaya membuang Golkar dan PKS bisa dilakukan," tuturnya.

Pilihan kedua yang mungkin diambil oleh Yudhoyono, menurut Burhanuddin, adalah mempertahankan Golkar dan PKS dalam koalisi tambun saat ini. Di atas kertas, kekuatan koalisi 75 persen di DPR. Jika demikian, secara matematika, oposisi seharusnya tak dapat bergerak macam-macam. Sayangnya, Burhanuddin mengatakan politik bukanlah matematika.

"Koalisi tambun, tetapi tidak sehat. Mungkin SBY bisa stay-on dengan koalisi ini, tetapi luka sudah membekas di elite Demokrat dan di kalangan partai yang selama ini sudah loyal, seperti PKB dan PAN. Mereka, kan, mengharapkan reward dan punishment. Dan, tindakan Demokrat mengusir Golkar dan PKS itu bisa bagian dari punishment kepada mereka," ungkapnya.

Sementara itu, pilihan ketiga yang diprediksikan oleh Burhanuddin adalah membuang salah satunya, Golkar atau PKS. Namun, lagi-lagi, menurutnya untuk mengambil pilihan ini perlu ada keberanian dari Presiden untuk mempertimbangkan masak-masak plus-minusnya. Jika PKS dibuang, kekuatan koalisi di DPR masih tinggi, sekitar 64 persen. Kalau Gerindra bergabung, maka bertambah menjadi 69 persen.
Hanya saja, jika tetap mempertahankan Golkar, Burhanuddin mengatakan, Demokrat harus sadar bahwa Golkar adalah kekuatan mayoritas kedua di DPR dan para politisinya memiliki jam terbang yang tinggi. Bersama Golkar, pasti akan banyak hiruk-pikuk. Memang pada awalnya, hubungan Golkar dan Demokrat bersifat mutualisme.

"Golkar tak pernah mau jauh dari kekuasaan dan butuh Golkar. Tapi belakangan ini, kan, memanas, dan mirip Tom and Jerry. Mereka menjalankan love and hate relationship," kata Burhanuddin.

Sementara itu, jika Golkar dibuang, Burhanuddin mengatakan, Demokrat bagai menempatkan PKS di atas angin. Keputusan ini bisa menjadi momen yang tepat bagi PKS untuk mengisi amunisinya.

"Ingat, survei LSI, konstituen PKS yang paling kritis kedua setelah konstituen PDI-P. Mereka paling tidak puas dengan pemerintahan SBY. Jadi, bukan tak mungkin ini malah menyolidkan akar rumput dari PKS untuk 2014. Kalau PKS dipertahankan, tinggal 56 persen dan wajah pendukung mayoritas pemerintahan adalah partai Islam. Wajah berubah karena seolah hanya didukung oleh partai Islam. Kalau Golkar dibuang, kekuatan oposisi bertambah dua kali lipat. Ini pilihan rumit bagi SBY. Oleh karena itu, keputusannya tidak akan diambil dalam waktu segera. Tentu rumit," paparnya.




Posted by : kurtdickblog.blogspot.com

0 komentar:

Posting Komentar

Demis Roussos - Goodbye My Love Goodbye .mp3
Found at bee mp3 search engine

 
Powered by Blogger