Personal Blogs - Blog Rankings blog search directory Internet blogs Internet Blogs
TopOfBlogs Ping your blog, website, or RSS feed for Free
» Please download Adobe Flash Player « before watching the streaming

Sabtu, 26 Maret 2011

PASUKAN KOALISI GEMPUR TRIPOLI SATU HARI PENUH



TRIPOLI  -   Sepanjang hari ini, pasukan koalisi menggempur Tripoli, khususnya kawasan yang menjadi basis angkatan perang Libya. Menurut warta AP dan AFP pada Sabtu (26/3/2011), sasaran koalisi adalah daerah Tajoura. Daerah itu memang memiliki beberapa pangkalan militer.

Amerika Serikat, Inggris, dan Perancis memimpin penerapan zona larangan terbang yang didukung PBB. 

Sementara itu, seorang penduduk Tripoli juga mengatakan, pangkalan radar militer di Tajoura terbakar. 

"Daerah itu berguncang akibat tiga ledakan hebat secara berturut-turut," ujar penduduk itu.

Pemimpin Libya Moammar Khadafy dilaporkan telah mempersenjatai sukarelawan sipil untuk melawan gerakan anti-pemerintah, menurut seorang pejabat militer Amerika Serikat Laksamana Muda William Gortney.

Pada bagian lain, Gortney juga mengatakan, "Khadafy sudah tidak punya pertahanan udara dan kemampuan yang menurun untuk memimpin dan menggerakkan pasukannya di lapangan."

Sementara itu, pasukan koalisi telah meluncurkan serangan terhadap tank-tank Libya di kota Ajdabiya. Saksi mata mengatakan, pasukan oposisi dan pemerintah bentrok di dekat kota itu.

Qatar juga telah menjadi negara Arab pertama yang ikut berpatisipasi dalam serangan udara di Libya. Kepada para wartawan, Gortney mengatakan, pasukan internasional telah melemahkan pasukan Khadafy. 

"Pasukan udaranya tidak bisa terbang, kapal perangnya mangkal di pelabuhan, bahan peledak di gudang sudah dihancurkan dan menara komunikasi sudah roboh, dan tembok pertahanannya tidak berguna " ujar Gortney.

"Hari ini, kami memperoleh laporan Khadafy telah mempersenjatai para sukarelawan untuk melawan pemberontak," katanya.

"Namun, saya tidak bisa memastikan apakah mereka betul sukarelawan atau tidak dan saya tidak tahu berapa orang yang akan ia dapatkan," ujar Gortney.

"Amat menarik bagi saya bagaimana Khadafy harus memperkuat sipil," ujarnya.

Sebelumnya Pakta Pertahanan Atlantik Utara, NATO, menyetujui untuk mengambil alih komando operasi militer di Libya guna memaksa kawasan larangan terbang bagi pasukan Khadafy. Akan tetapi, Sekretaris Jenderal Anders Fogh Rasmussen menyatakan kalau aspek lain terkait operasi ini tetap berada di tangan koalisi.



Posted by : kurtdickblog.blogspot.com

0 komentar:

Posting Komentar

Demis Roussos - Goodbye My Love Goodbye .mp3
Found at bee mp3 search engine

 
Powered by Blogger