Personal Blogs - Blog Rankings blog search directory Internet blogs Internet Blogs
TopOfBlogs Ping your blog, website, or RSS feed for Free
» Please download Adobe Flash Player « before watching the streaming

Minggu, 06 Maret 2011

ROBOT ANTARIKSA PINGSAN 20 MENIT DALAM MISI SPACEWALK





Misi spacewalk yang dijalankan oleh astronot pesawat ulang alik Discovery sempat tertunda karena lengan robot yang membantu misi tersebut mati saat digunakan. Selama hampir setengah jam, lengan robotik yang biasa menjadi tumpuan kaki astronot saat melayang di luar angkasa tak bisa digerakkan hingga astronot pun tak bisa berbuat apa-apa.

Robot mati pada 2 jam setelah misi dimulai karena masalah di komputer pengendalinya. Akibatnya, astronot yang mengontrol kinerja robot dari ISS harus buru buru bertindak. Mereka harus melihat panduan, catatan, dan laptop ke pusat komputer yang ada di pusat kontrol lain dalam stasiun luar angkasa itu.

Akibat matinya lengan robot, astronot utama NASA dalam misi ini, Stephen Bowen, sempat terjebak bersama pompa amonia seberat 800 pound yang tengah ditanganinya. Ia sempat berkata, "Aku baik-baik saja asal tak terlalu lama. Kira-kira memakan waktu berapa lama?"

Berdasarkan laporan NASA, robot pingsan akibat stasiun kerja kubah 7 jendela berhenti bekerja. NASA mengatakan, hal itu disebabkan oleh kesalahan pada perangkat lunak dan mengatakan bahwa hal itu telah diperbaiki. Untuk mengatasinya, astronot pengontrol robot memilih untuk memindah kendali robot ke stasiun kerja lainnya daripada menunggu 30 menit untuk melakukan reboot.


Astronot yang mengontrol kerja robot sempat mengatakan bahwa proses membuat robot siuman takkan memakan waktu banyak, namun nyatanya Bowen harus menunggu cukup lama. Setelah 20 menit Bowen menunggu, robot humanoid pertama yang dikirim ke luar angkasa itu baru siuman dan lengannya bisa digerakkan.

Dalam misi spacewalk ini, Bowen dibantu oleh rekannya, Alvin Drew. Misi yang dimulai Senin (28/1/11) malam WIB itu bertujuan untuk memindahkan pompa amonia, memasang kabel ekstensi serta tiang penopang kamera di International Space Station (ISS).

Terlepas dari gangguan akibat matinya lengan robotik tersebut, Bowen dan Drew berhasil menuntaskan seluruh misinya. Drew menjadi spacewalker ke 200 dunia yang menjalankan misi sementara Bowen telah menjalankan beberapa kali misi spacewalk sebelumnya. Spacewalker pertama dunia adalah Alexei Leonov, astronot Rusia yang melakukan spacewalk tahun 1965.
Selama menjalankan misi ini, Drew sempat mengisi sebuah botol dengan "udara" ruang angkasa. Rencananya botol tersebut akan dipajang di Jepang. Misi yang disebut "Message in the Bottle" tersebut merupakan upaya Japan Space Agency untuk menarik perhatian publik akan misi antariksa.





Posted by : kurtdickblog.blogspot.com

0 komentar:

Posting Komentar

Demis Roussos - Goodbye My Love Goodbye .mp3
Found at bee mp3 search engine

 
Powered by Blogger